Laporan Pertanggung Jawaban Nasional HIMAPIKANI 2016 -2018

Menjadi kewajiban kita bersama untuk menyampaikan rasa syukur atas perkenan Tuhan Yang Maha Esa dengan segala tuntunan dan petunjuknya, hingga saat ini kita masih mampu bernaung menyatu dalam satu kebersamaan untuk membangun sektor kelautan dan perikanan menjadi yang terdepan dalam konsepsi pembangunan Poros Maritim Dunia.

Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) yang berdiri sejak 1 Maret 1991 kini telah mamasuki usia 27 tahun. HIMAPIKANI mengemban amanah organisasi yang cukup besar baik dalam pengembangan sektor perikanan dan mendorong terbentuknya komunitas mahasiswa perikanan yang lebih aktiv dan bermartabat, untuk itu kemandirian di sektor perikanan dalam kerangka kebersamaan harus menjadi panglima dalam pengelolaan sektor Perikanan. Perikanan dapat dikelola dengan baik antara pemerintah dan kaum muda untuk kesejahteraan masyarakat.

Mengingat peran yang sangat besar tersebut, maka dukungan dan partisipasi dari seluruh anggota se-Indonesia sangat diharapkan. Oleh karena itu didalam menjalankan roda organisasi, HIMAPIKANI tidak perna lepas dari koridor pelibatan dan kebersaam dari tujuh wilayah, demikian jalinan kerjasama dengan eksekutif dan legislatif.

Setelah 27 tahun berdiri upaya tersebut di implementasikan melalui berbagai kegiatan dan kebijakan organisasi sesuai dengan AD/ART, maka HIMAPIKANI merupakan organisasi keprofesian yang berfungsi sebagai lembaga kemahasiswaan terbesar di bidang Perikanan.

Terlepas dari uraian diatas, dalam akhir masa kepengurusan kami mencoba menuangkan segala sesuatu yang dilakukan sejak tahun 2016 sampai 2018 dalam laporan pertanggungjawaban ini. Laporan pertanggungjawaban ini disusun dengan format dan bahasa yang sederhana untuk menggambarkan landasan pengurus dalam menjalankan roda organisasi selama satu periode, kiprah HIMAPIKANI dalam pembangunan perikanana nasional, berbagai kegiatan yang dilaksanakansejak tahu 2016 sampai 2018 termasuk hambatan dan tantangan serta laporan administrasinya.

Kami yakin bahwa apa yang kami lakukan masih jauh dari harapan anggota, namun kami telah berusaha dengan sebaik mungkin untuk kemajuan HIMAPIKANI pada khususnya dan pembangunan sektor Perikanan pada umunya sebagai implementasi dari rasa tanggungjawab kepada para anggota yang memiliki legalisasi formal dan Mahasiswa Perikanan se-Indonesia sebagai tanggungjawab moral. kami berharap laporan pertanggungjawaban ini dapat menjadi acuan untuk memperbaiki dan menindak lanjuti pelaksanaan kegiatan kegiatan yang pernah dan telah dilaksanakan yang tentunya tak lepas dari kekurangan dan kesalahan.

Pada akhirnya, kami mohon maaf atas segala kekurangan dalam menjalankan roda organisasi selama dua tahun, juga kami sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus periode 2016-2018, Dewan Penasehat dan jajaran pengurus lainnya yang telah meluangkan waktu energi dan materi dalam menggerakkan roda organisasi, serta juga kepada semua pihak yang berpartisipasi bersama-sama HIMAPIKANI membangun sektor Perikanan.

lampiran: LPJN HIMAPIKANI PERIODE 2016-2018

Share This Post