Warga Lampulo Diajarkan Buat Kerupuk dari Tulang Ikan

kerupuk tulang ikanIstimewa

BANDA ACEH – Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara DPD Aceh melatih cara membuat kerupuk dari tulang ikan untuk masyarakat Gampong Lampulo Banda Aceh. Khususnya pada kaum ibu dan remaja putri.

Kegiatan yang digagas anak-anak muda Aceh yang pernah keliling Indonesia melalui program Kapal Pemuda Nusantara  ini bertujuan untuk menciptakan semangat kewirausahaan di kalangan masyarakat Aceh dan Gampong Lampulo khususnya di bidang kelautan. Indonesia sebagai negara maritim terbesar didunia tentunya harus mampu mengolah hasil laut secara optimal untuk membangun perekonomian.

“Kami melihat, Gampong Lampulo dengan hasil laut yang melimpah setiap harinya, salah satu hasil lautnya yang melimpah yaitu ikan kambing-kambing (eungkot leubim),” kata Ketua DPD KAKPN Aceh Afrita Ida Utami, kepada portalsatu.com melalui siaran pers.

Selama ini kata Afrita, masyarakat Banda Aceh memanfaatkan daging ikan kambing-kambing (eungkot leubim) untuk bahan dasar pembuatan bakso dan mie, kemudian tulang ikan tersebut dibuang begitu saja bahkan menjadi limbah rumah tangga.

“Dari situ kami berfikir agar tulang tersebut tidak dibuang lagi dan dijadikan bahan dasar makanan yaitu pembuatan kerupuk,” katanya.

Kegiatan yang dibuat pada Sabtu, 26 Maret 2016 lalu itu mendapat sambutan antusias dari masyarakat setempat. Pesertanya berjumlah 25 orang yang dibagi menjadi empat kelompok.

Geuchik Gampong Lampulo, Samsul Mukhtar, mengatakan program ini sangat bagus dan harus terus dikembangkan. Diharapkan bisa terus berjalan dan menjadi UKM bagi masyarakat setempat. Pengolahan kerupuk dari tulang ikan menurutnya sebuah inovasi yang sangat kreatif.

Ketua panitia Seapreneur, Rikar Maulana Akbar mengatakan, pelatihan ini merupakan pengabdian para alumni kepada masyarakat. Mereka berharap pengolahan kerupuk tulang ikan tersebut bisa dilanjutkan dan menjadi industri rumah tangga.

“Oleh karena itu kami siap untuk menjadi mitra masyarakat dalam hal promosi dan pemasaran,” katanya.

Sumber: Portalsatu

Editor: Syahputra

Share This Post

One Comment - Write a Comment

  1. Super sekali,, smoga mndukung daya ekonomi masyarakat nelayan Dan di kembang Kan di berbagai daerah di Indonesia
    Salam bahari

Comments are closed.