Prospek Kerja Jurusan Perikanan

Berkuliah di jurusan perikanan tentu mungkin menjadi impian bagi seluruh anak di Indonesia, hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan sumberdaya perikanan yang tentunya banyak ahli perikanan untuk mengelolanya. Selain itu jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat cerah dan sangat menjanjikan.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja jurusan perikanan :

1.Pengusaha Perikanan

Menjadi pengusaha perikanan tentu merupakan idola bagi banyak mahasiswa perikanan, Bahkan banyak yang saat mahasiswa sudah mulai merintisnya. Menjadi pengusaha tentu merupakan prospek kerja yang sangat ideal untuk lulusan jurusan perikanan karena bidang ini memiliki prospek pasar yang cukup cerah. Berbagai usaha yang bisa dilakukan di bidang perikanan seperti bisnis budidaya berbagai komoditas perikanan, bisnis aquascape, bisnis pelatihan dan sarana perikanan, bisnis penangkapan, bisnis ikan hias, bisnis konsultan perikanan dan berbagai sektor usaha lainnya.

2.Karyawan Swasta dan BUMN

Mwnjadi karyawan swasta dan BUMN dari berbagai perusahaan perikanan tentu menjadi pilihan karir yang tepat bagi lulusan sarjana perikanan baik perusahaan nasional maupun multinasional. Saat ini di Indonesia sudah mulai banyak berbagai perusahaan perikanan seperti PT Centralproteina Prima, Tbk, PT Matahari Sakti, PT. Suri Tani Pemuka, PT Kelola Mina Laut, PT Perikanan Nusantara, PT Arafura Prima Indopasifik, PT Awindo International, PT Wirontono Baru, PT Rex Canning, PT Maya Food Industries, PT Intimas Surya, PT Dharma Samudera, PT fresh On Time, PT indo Manis, PT Inti Lautan Fajar Abadi, PT Parlevliet Paraba, PT Permata Marindo Jaya, PT Wahyu Perdana Binamulia, CV Prima Indo Tuna, PT Prima Bahari Inti Lestari, PT Bahari Biru Nusantara, PT Kelola Biru Harmoni dan berbagai perusahaan perikanan lainnya yang tentunya sangat membutuhkan lulusan jurusan perikanan.

3.Pemerintah

Lulusan jurusan perikanan dapat berkarir di berbagai sektor pemerintah seperti di Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) maupun di Dinas Kelautan dan Perikanan seluruh Indonesia. Lulusan jurusan perikanan juga dapat bekerja di berbagai balai dan instansi perikanan seperti balai budidaya air tawar, balai budidaya air payau, balai budidaya air laut, balai riset dan pengembangan kelautan dan perikanan, balai karantina ikan, penyuluh perikanan, dan berbagai instansi lainnya.

4.Pengajar / Akademisi

Lulusan jurusan perikanan dapat menjadi pengajar di sekolah-sekolah perikanan, laboran laboratorium perikanan, staf ahli, dan tentunya dapat menjadi dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta jika telah melnajutkan pendidikan magister

5.Berbagai Sektor Lainnya

Lulusan jurusan perikanan juga dapat berkarir di sektor lainnya seperti perbankan, asuransi, media masa dan berbagai bidang lainnya yang membutuhkan berbagai disiplin ilmu.

Sumber : iCampus Indonesia (official line). 08/04/2016

Share This Post