EXPIMNAS SATU KEBERSAMAAN UNTUK INDONESIA

IMG_4601(1)       HIMAPIKANI-Brawijaya. Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) tak henti-hentinya menyelenggarakan kegiatan untuk mahasiswa perikanan Indonesia. Baru-baru ini HIMAPIKANI mengadakan Expo Perikanan Mahasiswa Nasional (EXPIMNAS) 2015. Sebuah event tingkat nasional yang bertujuan untuk menghimpun seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) seluruh Indonesia. Bekerjasama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan Profesi (LKP2) FPIK UB, kegiatan ini terselenggara dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung selama satu minggu yakni pada tanggal 04-10 Mei 2015. Tidak hanya satu kegiatan, EXPIMNAS 2015 menghadirkan segenap rangkaian kegiatan mulai dari Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTI), Seminar Perikanan dan Diskusi Panel Nasional, Workshop/Pelatihan Perikanan, Expo Perikanan dan Kelautan, sampai Pengabdian Masyarakat serta Kampanye Peduli Pesisir dan Kelautan.
Menyesuaikan dengan agenda kegiatan yang cukup padat, tempat kegiatannya pun dilaksanakan di dua tempat berbeda yakni di Universitas Brawijaya dan kawasan Sendang Biru, Malang. Untuk pelaksanaan kegiatan di dalam kampus, berlangsung di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya. Sementara kegiatan lain berada di Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.

Layaknya event nasional, pesertanya pun tidak tanggung-tanggung. Bahkan mencapai ratusan orang, baik dari mahasiswa maupun masyarakat umum. Universitas yang tergabung dalam penyelenggaraan kegiatan ini terdiri dari berbagai universitas yang ada di Indonesia khususnya yang tergabung dalam anggota resmi HIMAPIKANI. Beberapa universits yang mengirimkan perwakilan delegasinya yakni Universitas Gajah Putih Aceh, Universitas Malikusaleh Aceh, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanudin, Universitas Mataram, Universitas 45 Mataram, Universitas Islam Lamongan, Universits Hang Tuah, Universitas Ronggolawe Tuban, Universitas Airlangga, Universitas Pattimura Ambon, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Halu Oleo Kendari, dan Universitas Padjajaran.

IMG_4942Suatu kebanggaan bagi Universitas Brawijaya, khususnya mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya karena ditunjuk langsung sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan. Ini merupakan kali pertama di Universitas Brawijaya diselenggarakan kegiatan berbasis perikanan dan kelautan bertaraf nasional dengan salah satu pelopornya adalah Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI). Kegiatan ini berjalan sukses dan lancar berkat kerjasama dari berbagai pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan dari awal hingga akhir. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme peserta, pengisi acara, dan tentunya kerja keras dari panitia pelaksana untuk mensukseskan acara tersebut.

Esensi dari acara ini yaitu kita dapat menunjukkan bahwa sebagai negara maritim, Indonesia mempunyai beragam kekayaan alam yang ada. Dan dengan munculnya fakultas-fakultas yang menghadirkan jurusan perikanan dan kelautan diharapkan mampu mencetak mahasiswa-mahasiwa yang unggul dan berkompeten untuk mengolah hasil kekayaan alam khusunya kekayaan bahari yang ada di Indonesia. Acara ini pun menunjukkan bahwa pengelolaan dan pemanfaatana sumberdaya di bidang perikanan dan kelautan pun benar-benar nyata. Anggapan masyarakat yang selama ini berfikir bahwa sektor perikananan kelautan hanyalah bidang biasa pun terbantahkan. Melalui acara ini kita menunjukkan bahwa perikanan kelutan itu benar-benar ada, perikanan kelautan itu benar-benar nyata, dan tugas kami sebagai mahasiswa adalah mewujudkan kebersamaan dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan untuk mewujudkan negara bahari yang berbudi pekerti tinggi. JAYA LAUTKU. JAYA NEGERIKU. UNTUKMU INDONESIAKU. SALAM BAHARI!!! (Fe)

Share This Post